Kenapa Wanita Harus Menyusui Bayinya? Ini Alasannya!



Kenapa Wanita Harus Menyusui Bayinya? Ini Alasannya! [ www.BlogApaAja.com ]

Perempuan, secara fitrah telah Allah berikankesempurnaan penciptaan. Begitu juga saat seorang perempuan menjadi seorangibu, Allah telah lengkapi segala organ di dalam tubuhnya supaya dapatbersesuaian dengan keadaan.

Menikah, kemudian mengandung bayi dalam rahim.Setelah Sembilan bulan tergenapi, akhirnya lahirlah seorang insan yang harussiap menghadapi kehidupan di dunia nyata yang fana" ini. Bekal pertama yangdiberikan ibu kepada putranya adalah ASI.

Seorang ibu sangat dianjurkan untuk memberikanASI kepada anaknya, hingga umurnya mencapai dua tahun. Mengapa dan ada apa dibalik anjuran ini? Mari kita simak.

Selama Pemberian ASI ekslusif, ibu tidak akanmengalami menstruasi dan ini akan mengurangi risiko anemia pada ibu, menurutInstitute of Medicine pada tahun 1991.

Jumlah zat besi yang digunakan tubuh untukmenyusui lebih sedikit dibandingkan ketika tubuh mengalami menstruasi.

Anak yang diberi ASI ekslusif mempunyai IQ dankemampuan intelektual lebih tinggi dibanding anak yang di berikan SUSU Formula(sample pada anak umur 7 s.d. 8 tahun), semakin lama anak diberikan ASI semakintinggi IQnya.

ASI mengandung zat kekebalan yang membantubayi melawan bakteri dan virus, contohnya ketika bayi terjangkit kuman, otomatisASI akan memproduksi antibodi baru melalui airsusu yang di produksi.

ASI mengandung sel darah putih (leukocytes)yang sanggup membunuh bakteri dan virus, interferon sejenis protein yangberfungsi mengidentifikasi kehadiran virus Lusozyme sejenis ensim untuk melawaninfeksi dan masih banyak lagi zat-zat berguna lainnya.

Zat Gula (laktosa) pada ASI mampu mengurangiinfeksi pada bayi dan otak bayi membutuhkan laktosa dan galaktosa untukberkembang. Sedangkan Laktosa juga dibutuhkan oleh bakteri usus yang berguna(lactobacillus bifidus) untuk berkembang.

Bayi sanggup mengontrol porsi makannya jikaanda memberikan asi ekslusif, jadi bayi tidak akan sakit dan kekenyangan.

Kenapa Wanita Harus Menyusui Bayinya? Ini Alasannya! [ www.BlogApaAja.com ]

Menyusui mencegah dan meringankan postpartumhemorrhage (pendarahan pada rahim), karena ketika payudara dihisap merangsangtubuh ibu mengeluarkan hormon oxytocin, hormon ini berguna untuk mengerutkanrahim hingga hampir kembali seperti seukuran semula.

Setiap kali anda menyusui dengan payudara andaakan merasakan kontraksi pada rahim, ini tanda-tanda hormon oksitosin sedangbekerja.

Menyusui melindungi ibu dari kanker payudara,semakin lama ibu menyusui, semakin kecil seorang ibu terkena kanker payudara.Pada Penelitian di UK, Cina, Jepang, New Zealand dan Mexico.

Menyusui juga melindungi ibu dari kankerindung telur dan kanker leher rahim. Selain itu, menyusui melindungi ibu dariosteoporosis. Setelah menyusui, kepadatan tulang ibu akan kembali sepertisebelum hamil bahkan lebih baik. Menurunkan risiko dari "hip fractures" setelahmenopause.

Menyusui dapat merubah berat yang di perolehketika masa kehamilan menjadi susu, seorang ibu yang menyusui tidak perlu dietuntuk mengembalikan postur tubuh sebelum kehamilan, karena memproduksi asimembutuhkan 600-800 kalori sehari ini sebanding dengan bersepeda pada tanjakanselama 1 jam atau berenang 30 kali putaran.

Hormon Prolactin adalah salah satu hormon yangdi produksi ketika menyusui, kegunaan hormon ini adalah mengurangi stres(adrenalin).

Prolactin dijuluki hormon keibuan "motheringhormone" dan membantu ikatan ibu dan anaknya. Hormon prolactin ini efeknyasangat kuat. Pada penelitian, hormon ini diberikan pada ayam-ayam jago petarungdan ketika disuntikkan ayam-ayam ini menjadi enggan untuk bertarung.

Menyusui dapat membuat ibu yang sibuk menjadilebih rileks dan membantu ibu-ibu yang mempunyai kesulitan tidur untuk rileks.

Penyusuan adalah latihan seorang ibu dalammembaca karakter bayi. Orang tua yang mengetahui karakter/sifat anak, akanlebih mudah untuk mendidiknya.

Follow On Twitter