Kisah Menara Setan Di Negeri Paman Sam





Devils Tower, dari namanya saja sudah seram dan bikin penasaran. Ini adalah tebing yang menjulang setinggi 360 meter dan terletak di Wyoming, Amerika Serikat. Di balik keindahannya, tebing ini punya kisah misterius!

Devils Tower National Monument, Menara Setan, atau Bears Lodge, adalah sebutan untuk sebuah tebing batu ini. Banyak pertanyaan yang mencuat tentang tebing batu yang terbentuk secara alami ini, ada beberapa teori geologi yang dikaitkan dengan bentuk Devils Tower.



Dari situs resmi pariwisata Wyoming, Senin (29/4/2013) Devils Tower National Monument mempunyai tinggi 360 meter. Tebing ini menjulang di dataran Sungai Belle Fourche dan terletak di sebelah timur Wyoming. Tebing ini terlihat indah. Struktur batuan pada tebingnya berlapis dan datar di bagian atas.

Tapi, tak satu pun dari banyak teori geologi yang menjelaskan pembentukan Devils Tower benar 100 persen. Malah terkadang, terbentuknya Devils Tower dikaitkan dengan legenda yang berbau misterius.



Salah satu cerita rakyat yang paling terkenal, yakni tentang dua orang gadis yang diincar oleh beruang raksasa. Gadis-gadis itu pun coba melarikan diri dari beruang dengan naik ke atas batu. Mereka terus berdoa agar selamat dari beruang, sampai akhirnya batu tersebut terus naik ke udara. Beruang raksasa itu terus mencoba naik dengan mencakar-cakar di sisi tebing.

Bisa jadi, retakan berbentuk vertikal di sisi tebing berasal dari cakaran beruang. Selain itu, Devils Tower juga dianggap sebagai situs suci oleh penduduk sekitar. Para penduduk sering berdoa di sekitar tebingnya.

Banyak cerita unik dan daya tarik dari Devils Tower, menarik perhatian wisatawan. Devils Tower mendapat nama belakang "National Monument" pada tahun 1906. Pada tahun 1893, tercatat pendakian pertama di Devils Tower oleh William Rogers dan Warren L Ripley. Devils Tower pun pernah menjadi lokasi syuting film "Close Encounters of the Third Kind" karya Steven Spielberg.

Wisatawan bisa mengunjungi Devils Tower sepanjang tahun. Tur akan dipimpin oleh ranger di Devils Tower. Selama mengikuti tur 1,5 jam ini, wisatawan akan dijelaskan tentang geologi, masyarakat asli dan kehidupan satwa liar di sekitar Devils Tower.

Saat musim panas tiba, pengelola juga menyediakan National Park Services Summer Cultural Program untuk wisatawan. Serunya, saat senja tiba traveler bisa mengikuti acara Full Moon Walk. Safari malam dengan berjalan kaki dan menggunakan senter.

Selain hiking, wisatawan juga bisa memancing di Sungai Belle Fourche, berkemah, dan panjat tebing. Pada bulan April, Mei, dan Juni, traveler bisa melihat lautan bunga liar cantik yang memenuhi dataran di sekitar Devils Tower. Bagaimana, tertarik mengunjungi Devils Tower?

Follow On Twitter